Tips Produktif di Bulan Ramadhan Ala Kerjaholic

Dibuat pada : 04 May 2020

Melakukan aktifitas dalam keadaan sedang menahan lapar dan dahaga tentu tidak mudah. Efeknya jadi susah fokus, konsentrasi berkurang, dan rasanya cepat capai. Akhirnya produktivitas kita pun ikut menurun, padahal berpuasa bukan alasan untuk tidak produktif. Beraktifitas dengan keterbatasan energi menjadi tantangan tersendiri untuk kamu yang sedang menjalankan Ibadah puasa Ramadhan.

Energi saat berpuasa akan berbeda dengan energi yang kita miliki pada hari-hari biasanya. Bekerja dengan cermat adalah kuncinya. Kita harus memanfaatkan sisa energi yang ada, bukan memaksakan diri untuk bekerja keras seperti hari biasa.

Tapi tetap semangat untuk bekerja dengan produktif, ya. Berikut adalah tips tetap produktif selama bulan Ramadhan dari Kerjaholic.

Buatlah daftar pekerjaan yang harus di selesaikan

Energi yang terbatas mengharuskan kita untuk lebih cermat dalam mengatur waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya akan membuat kamu cepat lelah, dan akhirnya menjadi kurang fokus untuk mengerjakan hal lainnya.

Untuk mencegahnya cobalah membuat rencana harian di pagi hari. Catat dan tentukan pekerjaan mana saja yang perlu di selesaikan lebih dulu atau dengan tingkat urgensi yang tinggi. Lalu selesaikan pekerjaan tersebut di pagi hari/jam produktif kamu.

Jangan menunda pekerjaan.

Selama bulan Ramadhan biasanya sebagian besar Perusahaan memberlakukan pengurangan jam kerja karyawannya. Hal ini bertujuan menghargai karyawan yang menjalankan ibadah puasa agar bisa meluangkan waktu untuk berbuka bersama keluarga dirumah.

Dengan berkurangnya jam kerja maka berkurang pula waktu kita untuk menyelesaikan tugas dari kantor. Itu sebabnya jangan pernah menunda pekerjaan, agar tidak menumpuk dihari berikutnya. Dengan tenaga yang terbatas tentu kita akan merasa kewalahan.

Bekerja di waktu produktif.

Jika pada hari biasa kamu mempunyai waktu efektif bekerja mulai jam 09.00~17.00, saat bulan Ramadhan waktu yang produktif adalah pada saat sesudah sahur dan berbuka, mungkin di waktu tersebut kamu bisa mempersiapkan presentasi untuk esok hari atau tugas kantor yang belum sempat terselesaikan.

Jika kamu adalah pekerja freelance maka sebaiknya ambil waktu bekerja pada malam hari setelah berbuka puasa. Karena pada jam tersebut perut sudah terisi dan akan lebih fokus untuk mengerjakan project dari klien.

Menjaga stamina.

Hal ini sangat penting bagi kita agar tetap bugar walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. Makan makanan yang bergizi, isirahat cukup, minum vitamin dan tetap berolahraga. Olahraga di bulan Ramadhan tetap dianjurkan namun tidak perlu olahraga yang berat dan menguras tenaga, dan lebih baik dilakukan setelah berbuka puasa.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang cukup, serta menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi vitamin.

Power Nap.

Memasuki siang hari energi yang kita punya akan semakin berkurang saat berpuasa. Manfaatkanlah jam makan siang untuk beribadah dan beristirahat sejenak. Gunakan waktu 10~30 menit untuk tidur siang (power nap) agar tenaga yang berkurang kembali penuh.

Dengan begitu konsentasimu akan kembali dan lebih fokus menghadapi deadline pekerjaan.

Selain 5 tips di atas kamu bisa cek aplikasi Kerjaholic untuk mendapatkan update informasi lowongan kerja dari kami. Ada banyak lowongan terbaru yang tersedia dalam fitur kami, mulai dari Pekerjaan Full-time dan Part-time, Pekerjaan Lepas hingga Pekerjaan Harian.

Itu dia 5 tips Produktif di bulan Ramadhan. Dengan konsisten menerapkan tips tersebut tentunya Ibadah sambil Bekerjamu akan semakin lancar dan menyenangkan. Semoga tipsnya bermanfaat untuk kamu, ya.