Tips Cari Kerjaan Freelance

Dibuat pada : 20 April 2020

Apa yang ada dipikiranmu ketika di hadapkan pada kewajiban untuk memenuhi kebutuhan? Entah kebutuhan pribadi atau bahkan kebutuhan keluarga? Ya, kamu tentu akan mencari cara bagaimana agar kebutuhan tersebut terpenuhi, yaitu dengan mencari pekerjaan.

Selanjutnya pekerjaan apa yang akan kamu cari?tentu ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu dapatkan. Kebanyakan orang akan terpaku pada satu jenis pekerjaan , yaitu Pekerjaan Fulltime, selain karena gaji bulanan yang di dapat, ada pula fasilitas lain yang bisa kamu dapatkan, mulai dari tunjangan sampai dengan inventaris kendaraan.

Namun disamping hal-hal nyaman yang kamu dapatkan adapula hal-hal yang ternyata menjenuhkan dari Pekerjaan Fulltime, misalnya jam kerja yang terikat sampai lembur yang tidak kenal waktu.

Seiring dengan perubahan jaman, anggapan tentang wajib-mencari-pekerjaan-fulltime mulai memudar bahkan banyak orang yang lebih memilih untuk bebas bekerja dimana saja, tanpa terikat waktu, gajinya pun tidak terbatas. Yap! Menjadi Freelancer.

Pekerjaan Freelance tidak kalah menjanjikan dari Pekerjaan Fulltime, karena saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan Freelancer, hal ini di anggap menguntungkan perusahaan karena bisa menghemat anggaran pengeluaran gaji. Pekerja Freelance hanya dibayar per-pekerjaan atau per-project, ketika selesai perusahaan tinggal bayar, jika cocok dengan Pekerja Freelance tersebut tinggal hire lagi lalu beri project lagi begitu seterusnya.

Nah, untuk kamu yang saat ini tertarik untuk berkecimpung di dunia Freelancer, mungkin bisa menerapkan beberapa tips dibawah ini siapa tahu bisa membantu.

Pilih Media yang pas untuk mencari Pekerjaan Freelance

Bisa melalui Website atau Aplikasi Pekerja Lepas cari saja di Google Play Store atau Appstore. Aplikasi yang akan kita bahas adalah Kerjaholic. Kerjaholic adalah sebuah platform digital yang menghubungkan antara penyedia kerja dan pencari kerja. Sudah beroperasi sejak Juni 2018 dan berada di kota Semarang dan Jakarta.

Dalam Kerjaholic ada beberapa fitur yang bisa kalian coba untuk mencari Pekerjaan, yaitu fitur Kerja Lepas (Pekerjaan dengan Komisi), Kerja Harian, dan Kerja Tetap. Untuk kamu yang mau jadi Freelancer bisa mencoba fitur Kerja Lepas dan Kerja Harian,

Ada banyak Pekerjaan dengan Komisi yang bisa kamu coba, misalnya Mencari Merchant, Mencari Pembeli, Mencari Lapangan, Rating Review, Membagikan Voucher dll, semuanya ada di Fitur Kerja Lepas. Sedangkan di dalam Fitur Kerja Harian ada beberapa Pekerjaan Freelance yang tersedia mulai dari menjadi Waiter/Waitress, SPG, Usher, Driver dll.

Semuanya memiliki komisi/fee yang berbeda-beda tiap pekerjaan, semakin sering kamu mengerjakan pekerjaan yang ada di dalam fitur tersebut tentu akan semakin banyak penghasilan yang kamu dapatkan. Tentu Kerjaholic menjadi pilihan yang pas untuk para Freelancer

Carilah pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu

Akan sulit apabila kamu mencari pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang dan skill yang kamu miliki. Jangan memaksakan diri untuk menerobos hal yang tidak kamu kuasai, atau bahkan coba-coba buat apply pekerjaan yang tidak sesuai kemampuan kamu.

Yang ada nanti kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan ujungnya akan mendapat komplain dari klien. Jangan sampai ya.

Ajukan lamaran pada musim liburan

Ketika musim liburan inilah waktunya untuk Freelancer untuk mencari pekerjaan. Di beberapa tempat biasanya membutuhkan pekerja tambahan seperti restoran, perusahaan marketing, agensi dll.

Jika kamu Copy Writer, Designer atau Web Designer, akan banyak peluang yang bisa kamu dapatkan saat musim liburan. Pastikan untuk mengirimkan portofolio terbaik dan penghargaan yang pernah kamu raih.

Percaya diri pada kemampuanmu

Jadilah Freelancer yang percaya diri! Buang sifat pemalu apalagi gengsi. Jika kamu percaya diri tentu akan mudah bagimu untuk mempromosikan kemampuanmu kepada calon klien. Jangan ragu untuk bertanya pada calon klien yang potensial siapa tahu mereka membutuhkan bantuanmu.

Kalau kamu ragu dan malu , bisa-bisa kamu kalah dalam persaingan dengan Freelancer lain yang lebih aktif.

Disiplin waktu

Freelancer tentu memiliki waktu yang sangat fleksibel dibandingkan dengan Fulltimer. Namun bukan berarti kamu bisa seenaknya dalam menyelesaikan project dari klien. Menyelesaikan project dengan tepat waktu tentu akan menjadi nilai plus bagi klien, dengan begitu kamu akan dipercaya untuk mengerjakan project selanjutnya.

Bagaimana?sudah siapkah kamu untuk menjadi seorang Freelancer?jika sudah waktunya kamu mempersiapkan diri untuk apply kerjaan Freelance di aplikasi Kerjaholic ya. Semoga tips nya membantu. Semangat!