Seberapa pentingnya Portofolio, Cara Membuat dan Alasan kenapa harus Meng-upload di Aplikasi Kerjaholic

Dibuat pada : 15 April 2020

Pengalaman kerja adalah sebagai suatu ukuran tentang lama waktu atau masa kerjanya yang telah ditempuh seseorang dalam memahami tugas–tugas suatu pekerjaan dan telah melaksanakannya dengan baik (Foster, 2001).

Selain itu pengalaman kerja menjadi salah satu pertimbangan bagi para penyedia kerja untuk mengambil keputusan layak tidaknya seseorang diterima di Perusahaannya.

Pengalaman kerja tersebut dirangkum kedalam CV dan Portofolio. CV pada dasarnya lebih mengutamakan informasi dari latar belakang pribadi pembuatnya. Sedangkan Portofolio dianggap sebagai bukti dari kemampuan atau skill yang dimiliki oleh pembuatnya.

Pentingnya Memiliki Portofolio

Portofolio menjadi hal yang sangat penting untuk menunjukkan kepada penyedia kerja tentang kualitas dan skill yang kamu punya.

Penyedia kerja nantinya akan menilai kemampuan kamu, serta seberapa layak atau tidaknya untuk bekerja di Perusahaan/Instansi tersebut berdasarkan Portofolio yang kamu kirimkan.

Maka dari itu Portofolio menjadi hal yang sangat penting untuk kalian lampirkan pada saat melamar Pekerjaan, dan ingat membuatnya pun tidak boleh asal-asalan apalagi sampai mencatut Portofolio milik orang lain.

Cara Membuat Portofolio yang menarik

Ada beberapa profesi yang memang sangat wajib untuk melampirkan hasil kerja mereka ke dalam Portofolio, misalnya Jurnalis, Copy Writer, Designer, Website Maker dll. Tapi sayangnya masih banyak yang bingung bagaimana caranya membuat Portofolio yang benar.

Berikut akan penulis bahas cara membuat Portofolio yang benar, agar bisa menarik perhatian HRD di Perusahaan yang kamu lamar.

Pilih hasil karya yang menurutmu paling baik

Meskipun semua hasil kerjamu dikerjakan maksimal dan sepenuh hati serta hasilnya memuaskan , bukan berarti kamu memilih semua hasil karyamu untuk di jadikan sebagai Portofolio. Pilih yang menurutmu paling bagus, jangan memilih yang kurang bagus.

Jika kamu bingung memilihnya, kamu bisa mengingat mana yang paling banyak mendapatkan pujian.

Buatlah Portofolio yang sederhana

Hal yang dibuat sederhana tentunya akan nyaman untuk dilihat, begitupun ketika kamu membuat Portofolio. Jadi buatlah Portofolio semenarik mungkin tapi tetap sederhana. Mudahkan?

Masukkan hasil pekerjaanmu yang fresh

Jangan pernah memasukkan hasil kerja yang sudah lama atau sudah berumur lebih dari 3 tahun, usahakan untuk memasukan hasil karya mu yang terbaru agar relevan dengan tren yang sedang berjalan di masa sekarang.

Pilih Template desain yang sesuai dengan Profesimu

Hal ini jika kamu ingin membuat Portofolio dalam bentuk online. Jangan lupa menyesuaikan templat desain sesuai dengan profesimu, tapi tetap memperhatikan desainnya ya, pilih yang sederhana tapi tetap menarik.

Jangan meng-copy paste hasil kerja orang lain.

Hal yang sangat dilarang untuk kamu lakukan adalah mengakui hasil kerja orang lain sebagai hasil kerjamu. Pikirkan efek jangka panjang ketika kamu memutuskan untuk meng-copas hasil kerja orang lain, tentu akan berdampak buruk untuk karirmu kedepan.

Kenapa harus Meng-Upload Portofolio di Aplikasi Kerjaholic?

Dalam aplikasi Kerjaholic ada menu dimana kamu bisa meng-upload Portofoliomu. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kualitas dan skill yang kamu punya serta memudahkan kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu.

Semakin menarik portofoliomu semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Jadi saran penulis buatlah portofolio semarik mungkin agar kemampuanmu di lirik Bosholic.

Cara mengunggah portofolio di aplikasi Kerjaholic sangat mudah yaitu buka menu profil (CV), scroll sampai bawah, kamu akan menemukan tempat untuk mengunggah portofoliomu, kemudian upload Portofolio mu dalam bentuk pdf.

Waktunya kamu untuk menunjukkan kemampuanmu kepada Bosholic lewat portofolio!. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya.

Selamat mencoba!