Cara Bikin CV Menarik Ala Kerjaholic

Dibuat pada : 14 May 2020

Hal yang paling utama yang harus kamu perhatikan pas mau ngelamar kerja adalah membuat CV yang menarik. Niat gak niatnya seseorang ngelamar kerja itu bisa dilihat dari CVnya, meskipun pengalaman dan skill yang kamu punya sudah oke, tetep aja first impression HRD ya ke CV si pelamar. Makanya, jangan sampai kamu ngasal pas buat CV ya. Gak mau kan kehilangan kesempatan buat gabung di perusahaan impianmu?

Nah biar gak salah langkah, ada baiknya kamu terapkan cara dibawah ini. Biar CVmu menarik dan pihak recruiter bakal tertarik buat rekrut kamu jadi karyawan.

Job Research

Langkah pertama yang harus kamu lakukan mencari lowongan pekerjaan terlebih dahulu. Tentunya, kamu harus cari loker yang sesuai dengan keahlianmu. Job research penting banget, karena disinilah kamu bisa ngenalin kemampuanmu sendiri. Setelah itu kamu bisa menentukan standar gaji yang kamu mau, jam kerja dan lokasi yang kamu inginkan.

Kalau ada yang sesuai kriteriamu langsung aja apply!

CV harus sesuai dengan lowongan yang dilamar

Kenapa mesti sesuai sama lowongan, sih? Ya karena kalo gak sesuai, kamu jadi kayak salah kamar. Misalnya nih, kamu melamar pekerjaan di Perusahaan besar maka CV kamu harus dibuat seformal mungkin, dari mulai desain, gaya bahasa dan pemilihan kosa kata harus diperhatikan, ya.

Sedangkan, kamu yang melamar pekerjaan di industri kreatif, kamu bisa se kreatif mungkin dalam mendesain CV, semakin kreatif desainmu, recruiter akan yakin kalau kamu memang layak untuk diterima di perusahaan tersebut.

Cantumkan informasi yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan

Informasi diri terbaru dan foto terbaru wajib dicantumkan di CV. Jangan lupa sertakan riwayat pendidikanmu, IPK (kalau ada), dan riwayat pengalaman kerjamu. Pengalaman magang juga tidak masalah kalau ingin di sertakan di CV. Selama pemgalamannya masih nyambung dengan lowongan pekerjaan yang kamu lamar.

Berikan informasi yang ringkas tapi jelas, misalnya ketika mencantumkan pengalaman kerja, tidak usah bertele-tele, karena HRD juga ngejar waktu buat baca CV pelamar lain. Oiya, jangan lupa sertakan juga pencapaian atau prestasi kamu di tempat kerja sebelumnya. Soalnya, hal tersebut bisa menjadi nilai plus buat kamu.

Eits, informasi yang kamu sajikan di CV harus benar dan dapat dipertanggung jawabkan ya, gak boleh ngarang. Ini bukan bikin cerpen, plis!

Desain CV yang eye catching itu perlu!

CV yang biasa-biasa aja udah gak jaman lagi sekarang. Coba deh, untuk berkreasi dengan CV mu. Walaupun HRD akan lebih tertarik dengan isi CVmu tidak ada salahnya kan, membuat kesan nyaman dengan menyajikan CV yang enak dilihat? Asal desainnya gak berlebihan loh ya, yang ada malah sakit mata pas lihat CVmu.

Buatlah desain yang keren dan nyaman di mata. Dengan begitu, HRD akan lebih semangat untuk membaca CVmu dengan seksama.

Tambahin kemampuan soft skill dan Sosmedmu

Ngeyakinin pakai pengalaman kerja dan prestasi kamu saat bekerja di tempat lama, sudah. Waktunya untuk kamu tunjukin kalau kamu punya keahlian khusus yang dibutuhkan perusahaan. Misalnya, kemampuan bernegosiasi, leadership, kemampuan berpikir kritis, dan teamwork.

Selanjutnya, kamu bisa cantumkan akun sosial media kamu seperti Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, dll. Pastiin kalau isi sosmedmu gak aneh-aneh ya.

Kemampuan Bahasa Asing

Nah yang satu ini jangan terlewat ya, karena ini juga poin penting buat nambah nilai plus kamu di mata HRD. Apalagi saat kamu mendaftar di perusahaan multinasional, tentunya mereka membutuhkan karyawan yang bisa berbahasa asing.

Atau bisa juga kamu membuat CV dalam bahasa inggris. Tapi, tetap harus menggunakan bahasa yang sopan dan benar, ya.

Sudah selesai?Cek dulu sebelum dikirim

Sabar! Ada baiknya kamu cek dulu CV yang udah kamu buat. Siapa tahu ada informasi yang ketinggalan atau bahkan ada typo disana. Kalau masih belum yakin, coba deh minta bantuan seseorang yang udah berpengalaman buat ngecek CV kamu, sudah oke dan layak kirim belum.

Jangan sampai ya ada kesalahan-kesalahan kecil di CV mu. Walaupun terlihat sepele tapi bisa aja fatal akibatnya. Makanya pengecekan itu perlu dilakukan di akhir.

CV itu ibarat media promosi diri kita buat pihak recruiter, bikinnya harus sepenuh hati, jiwa dan raga, karena nentuin banget buat diterima atau gak nya di perusahaan yang kamu impikan. Nah, sekarang coba deh buat ikutin tips diatas, terus apply ke lowongan kerja yang ada di aplikasi Kerjaholic ya!

Selamat berjuang, semoga berhasil!