Bekerja Secara Freelance Bisa Sukses? Gimana Caranya?

Dibuat pada : 06 December 2018

Mungkin kamu pernah dengar orang yang profesinya bekerja sebagai freelancer. Biasanya, orang akan menganggap remeh dan berkata, “Oh, serabutan.” Padahal, profesi serabutan belum tentu bergaji rendah, tergantung orang yang menjalani, bagaimana dia melakukan pekerjaannya. Freelance juga tidak melulu pekerja kasar atau pekerjaan-pekerjaan lapangan.

Bahkan, di luar negeri, bekerja menjadi freelancer banyak dilakoni orang karena banyak kelebihan. Contohnya, fleksibilitas waktu, kesempatan mendapat pemasukan yang lebih, bisa bekerja dari rumah, memilih bidang pekerjaan yang disukai, dan kesempatan berkenalan dengan banyak orang dari berbagai bidang.

Menurut data dari TechRepublic (https://www.techrepublic.com/article/growth-of-the-gig-economy-46-of-gen-z-workers-are-freelancers/) , 46% dari generasi yang baru saja memasuki dunia kerja lebih memilih freelance disbanding bekerja di kantor.

Tertarik untuk mencoba, berikut kiat agar kamu dapat meraih sukses lewat bekerja secara freelance :

  1. Ketahui kemampuan sendiri

Ambil kertas dan tulis semua jenis kemampuan yang kamu rasa kamu bisa melakukannya. Contohnya, kamu bisa menggunakan Microsoft Office dengan baik, kamu bisa memasak, menulis, melayani tamu di restoran atau toko, mengelola akun sosial media, atau bisa membuat software.

Pertimbangkan juga pekerjaan-pekerjaan yang tidak membutuhkan kemampuan khusus, namun bisa kamu lakukan. Contohnya, mengantrikan tiket, mencarikan barang tertentu, dan banyak lagi.

  1. Ketahui kebutuhan pendapatan

Berapa banyak uang yang kamu butuhkan dalam sebulan untuk memenuhi semua kebutuhan pokok dan mungkin sedikit tambahan untuk jalan-jalan atau membeli barang idaman? Hitung total kebutuhanmu, dan itulah targetmu dari perkerjaan freelance. Kamu harus mengumpulkan uang dengan jumlah tersebut dari berbagai pekerjaan.

  1. Giat mencari proyek

Lantas, bagaimana cara menemukan pekerjaannya? Pastikan kamu telah men-download aplikasi Kerjaholic di ponselmu. Aktifkan fitur siap bekerja, dan segera klik “Terima” begitu ada tawaran pekerjaan. Pastikan juga kamu dapat melakukan pekerjaan yang diminta ya.

Kelebihan lain, kalau kamu mengaktifkan fitur siap bekerja, setiap 3 menit kamu dapat 1 poin yang nantinya diundi untuk mendapatkan smartphone Vivo V11 dari Kerjaholic yang akan diundi pada 31 Desember 2018. Jangan sampai ketinggalan!

Pilihan lainnya untuk dapat pekerjaan adalah dengan mencari pekerjaan di fitur “Cari Pekerjaan”. Lamar pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu.

Jika sudah mendapatkan pekerjaan, kamu harus melakukannya dengan baik, sehingga mendapat rating dan review yang baik dan Bosholic yang lain dengan senang hati mempekerjakan kamu lagi.

  1. Kumpulkan portofolio

Dari sekian banyak pekerjaan yang telah kamu lakukan, jangan lupa untuk mengumpulkan portofolio, jika memungkinkan. Portofolio adalah kumpulan hasil kerjamu. Contohnya, artikel hasil tulisanmu, foto yang kamu ambil. Tapi, mesti menjadi catatan bahwa data-data tersebut mestilah data yang boleh dipublikasiikan dan dilihat orang secara umum.

Portfoliomu juga dapat ditampilkan secara online sebagai pengganti resume atau CV tradisional. Saat ini, rating dan review dapat lebih meyakinkan calon bos untuk mempekerjakan kamu, karena pengalaman-pengalamanmu yang sebelumnya telah terbukti. Platform-platform seperti LinkedIn dan Kerjaholic dapat menjadi tempatmu mengumpulkan portfolio dan menampilkan rating, review, dan riwayat pekerjaanmu.

  1. Bukan alasan malas

Meskipun memiliki waktu yang bebas, jangan dijadikan alasan untuk menunda-nunda pekerjaan dan bermalas-malasan. Jika seperti itu, kamu tidak akan bisa mencapai target pendapatanmu. Jika penghasilanmu tidak mencukupi, maka kamu sendiri yang akan terkena imbasnya.

Jadi, meskipun bebas, tetaplah bertanggungjawab dan rajin ya. Selamat berburu pekerjaan.