Ayo Update Portofolio Pribadi Kamu Di Aplikasi Kerjaholic

Dibuat pada : 14 April 2020

Apakah kamu tahu tentang portofolio pribadi? Dan tahukah kamu bahwa portfolio penting untuk melamar pekerjaan? Kenapa Kerjaholic menyediakan bagian khusus portofolio pribadi untukmu?

Portfolio pribadi adalah rangkuman hasil karya seseorang, baik yang telah dipublikasikan maupun belum. Contohnya portofolio kerja sebagai seorang desainer grafis. Portofolionya akan berisi hasil-hasil desain yang pernah dibuatnya.

Selain desainer grafis, banyak profesi lain juga membutuhkan portofolio. Contohnya seorang penulis atau programmer. 

Seorang penulis dan desainer grafis dapat membuat portofolio dalam format dokumen, sebaiknya dalam format pdf. Untuk seorang programmer, portofolio pribadi bisa berupa link menuju website atau laman download aplikasi yang dibuatnya.

Kenapa harus punya portfolio pribadi?

Portfolio pribadi akan menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan HRD atau pemberi kerja sebelum memutuskan mengundang kamu untuk interview atau tidak. Selain itu, bisa saja portofolio kamu dibahas saat interview. Berikut alasannya:

Menunjukkan kemampuanmu

Kamu tidak bisa membuktikan seluruh kemampuanmu dalam sekali perbincangan wawancara dengan staf HRD. Namun, portofolio pribadi yang kamu buat dapat membantumu membuktikan kemampuanmu.

Karena dokumen karyamu ini memuat hasil-hasil kerja yang pernah kamu lakukan, kamu bisa memberi demonstrasi langsung hasil kerjamu dalam satu dokumen. Simpel dan sangat berguna, bukan?

Menunjukkan progres atau perkembanganmu dalam bidang tertentu

Setiap hasil kerjamu akan memberi hasil berbeda, yang seharusnya semakin baik, jika kamu berusaha. Kamu bisa memberi bukti kepada HRD bahwa kamu adalah orang yang terus memperbaiki diri dan semakin bagus lewat portofolio pribadi.

Mungkin hasil karyamu beberapa tahun lalu tak sebagus sekarang. Wajar saja, manusia perlu berproses untuk menjadi ahli. Dari portofolio, dapat dilihat sejauh apa kamu berkembang dan skill baru apa yang kamu pelajari dalam proses tersebut.

Menjadi tolok ukur perbandingan kualitasmu dibanding kandidat lain

Kenapa kamu lebih baik dari kandidat lain? Contohnya, jika kamu bersaing dengan orang yang memiliki taraf pendidikan yang sama, pengalaman kerja setara, mana yang HRD pilih?

Dengan menunjukkan hasil karyamu, HRD jadi memiliki pandangan kualitas kerjamu nanti dibandingkan dengan kandidat lain. Portofolio yang baik akan memberi poin plus pada lamaranmu.

Menunjukkan pengalamanmu

Jika portofolio pribadimu pernah diterbitkan, akan semakin bagus. Itu berarti hasil kerjamu pernah diakui oleh orang lain dan memberi manfaat yang nyata. 

Membuat suatu karya juga merupakan pengalaman yang layak ditampilkan meski bukan untuk sebuah pekerjaan resmi atau menghasilkan. Karyamu adalah hasil kreatifitasmu dan menunjukkan jati dirimu.

Menjadi pertimbangan kecocokan bekerja di perusahaan tersebut

Sebuah perusahaan dapat melihat apakah kamu cocok bekerja di sana dengan melihat portofolio pribadi yang kamu susun. Dengan melihatnya, mereka dapat mengukur apakah kemampuanmu sudah sesuai dengan harapan mereka atau belum.

Meskipun masih ada kemungkinan tes kemampuan dan sebagainya, kamu akan terbantu jika sudah memiliki portofolio pribadi yang tersusun rapi.

Kerjaholic peduli

Mengapa Kerjaholic menyediakan ruang khusus untuk portofolio pribadi pekerja? Kerjaholic dengan sepenuh hati ingin membantu para pekerja mendapatkan pekerjaan. Sekaligus membantu perusahaan supaya lebih mudah menemukan kandidat pegawai yang sesuai.

Jadi, siapkan portofolio pribadi terbaikmu. Susun rapi, urutkan dan sertakan tanggal jika memungkinkan, dan kalau perlu buatlah desain yang menarik. Kami menyarankan, unggah portofoliomu dalam format pdf. 

Cara unggahnya yakni lewat menu profil, scroll ke paling bawah, kamu akan menemukan tempat untuk meng-upload portofolio.

Semoga artikel ini bisa membantu, selamat mencari pekerjaan!