7 Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Tim HRD

Dibuat pada : 12 August 2020

Human Resource Department, adalah suatu bagian dari perusahaan yang bertanggungjawab untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) di perusahaan tersebut, mulai dari perencanaan SDM, rekrutmen, pengembangan, manajemen kinerja, penentuan gaji/ kompensasi, dan menumbuhkan hubungan kerja. Tak jarang hal-hal tersebut kadang meninmbulkan permasalahan tersendiri untuk Tim HRD.

Kita sering melihat HRD sebagai divisi yang memiliki banyak kekuasaan, terutama soal penentuan masa depan kita dalam perusahaan. Nyatanya, tim HRD juga tak luput dari berbagai masalah dan dilema. Lalu apa saja permasalahan yang sering dihadapi oleh Tim HRD? Simak dulu artikel ini ya!

Perekrutan Karyawan Baru

Merekrut karyawan baru bukan perkara yang mudah, semua harus dilakukan secara cermat. Memilih yang terbaik sesuai dengan keinginan user , tentunya harus dengan pertimbangan yang matang, lagipula tidak sembarangan orang bisa diterima di perusahaan tertentu bukan?

Nah, tidak jarang proses rekrutmen kadang di serahkan ke pihak ketiga seperti agen tenaga kerja (outsourcing) namun tetap dalam pengawasan HRD perusahaan terkait.

Produktivitas Karyawan

Produktivitas adalah hal yang terpenting di perusahaan. Tanpa adanya produktivitas perusahaan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Tim HRD perlu mengetahui siapa saja karyawan yang produktif maupun tidak.

Dengan metode  Performance Review yang di lakukan setiap departemen, akan mempermudah Tim HRD untuk melihar sejauh mana tingkat produktivitas tiap karyawan. Namun Tim HRD juga harus bersikap terbuka netral jika ternyata konflik antar karyawan yang menjadi penyebab turunnya produktivitas karyawan.

Tingkat Disiplin Karyawan

Mendisiplinkan karyawan juga merupakan masalah yang sering di hadapi Tim HRD apalagi ketika ada karyawan yang bermasalah dengan kehadiran yang tidak tepat waktu, jika hal tersebut tidak di benahi maka produktivitas karyawan akan menurun.

Memantau dengan mencatat kinerja setiap karyawan bisa membantu proses tersebut, misalnya dengan menggunakan software yang bisa mencatat absensi karyawan yang di integrasikan ke smart card.

Gaji

Mempersiapkan gaji karyawan memerlukan ketelitian, termasuk di dalamnya mungkin ada  insentif, bonus, tunjangan, dan pajak . Proses payroll cenderung memakan waktu lama karena harus benar~benar dikerjakan dengan teliti dan cermat. Dalam proses pembayaran ini, masalah yang sering terjadi adalah keterlambatan gaji atau kurangnya nominal gaji karyawan.  

Pelatihan Karyawan

Training bertujuan supaya kinerja karyawan mengarah pada produktivitas. Untuk mempermudah hal ini, HR perlu merencanakan training bagi karyawan. Tentu saja HR harus menganalisis kebutuhan training serta melakukan cek dari training yang sudah dilakukan sebagai bahan evaluasi.

Diskriminasi dan Perbedaan

Apa pun bentuknya, diskriminasi adalah permasalahan yang harus dihindari oleh perusahaan. Baik itu antar karyawan maupun dari karyawan ke atasan. Dengan mencatat segala kejadian yang berkaitan dengan diskriminasi atau perbedaan akan mempermudah Tim HRD untuk mencari solusi terbaik atas permasalahan yang dihadapi.

Tingginya Angka Turnover Karyawan

Masalah Tim HRD yang ke tujuh adalah mempertahankan karyawan terbaik. Apalagi pada era millenial sekarang yang menurut survey tingkat loyalitas karyawan millenial dikatakan rendah. Sebagai HRD, tingginya angka turnover karyawan adalah masalah yang sangat mengganggu, ketika hal tersebut terjadi maka Tim HRD yang harus bertanggung jawab untuk mencari penggantinya.

Itulah 7 permasalahan yang kerap di alami Tim HRD. Sesuai dengan jobdesknya Tim HRD bertanggung jawab untuk menyelesaikan setiap masalah terkait karyawan di perusahaannya serta meningkatkan mutu kerja dan kemampuan karyawan. Dengan kata lain, HRD adalah unit perusahaan yang menangani setiap hal yang berada dalam ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer, dan pekerja lainnya untuk menunjang kegiatan perusahaan dalam mencapai tujuan tertentu.Untuk Tim HRD, tetap semangat ya!